Mengenai Saya

Jumat, 29 April 2011

Makan Pagi Yuk!!

09.40
it's lately morning, ups! but i'll still writing :)

In this lately morning, i want to share about something simple but it's very important to us. This is the main factor for us to start our lives, namely breakfast. 
Alright, enough for pendahuluan gw yang pake bahasa asing, yang kadang gw ribet juga ngomongnya, hehe.. Ya bolehlah sekali-kali, untuk pembelajaran bahasa asing biar lebih lancar gitu, ya kan ya kan? :D

Oke, ngomongin sarapan atau makan pagi nih, ini merupakan kegiatan yang sering diabaikan dan dianggap sepele oleh beberapa orang. Padahal  makan pagi ini sangatlah penting untuk menunjang stamina, kesehatan, bahkan mood kita  untuk menjalankan aktifitas pada setiap harinya. Banyak sekali manfaat yang diperoleh dari makan pagi dan pastinya akan memberikan kemudahan bagi awal kehidupan kita di pagi hari.

Sebelum  kita bahas dan tau apa sih manfaat makan pagi serta akibat tidak makan pagi, yuk kita ketahui terlebih dahulu apa sih makan pagi atau sarapan itu??
Menurut ahlinya, Makan pagi atau sarapan merupakan makanan yang dimakan ketika pagi hari sebelum kita beraktifitas, makanan itu terdiri dari makanan pokok serta lauk pauk atau bisa juga makanan kudapan. Jumlah dari makanan yang dimakan ketika sarapan/makan pagi adalah sekitar kurang lebih 1/3 dari makanan sehari.
Nah setelah kita tau arti makan pagi, sekarang apa sih manfaat yang kita peroleh dari makan pagi kita?
Pastinya banyak sekali dan sangat menguntungkan.
Mari kita telaah bersama manfaat dari sarapan/makan pagi  kita, bagi yang ingin meningkatkan produktivitas hidup, ingin kurus, bahkan panjang umur.. waawww!!
Sarapan pagi merupakan salah satu kunci meningkatkan produktivitas kita. Dianalogikan seperti bensin, dan tubuh seperti mobil. Apabila mobil akan berjalan pasti perlu ada bensin kan? Jika tidak ada, bagaimana mobil bisa berjalan? Maka dari itu, tubuh pun  demikian, butuh tenaga dan asupan untuk bekerja tiap harinya. Sarapan atau makan pagi telah terbukti meningkatkan konsentrasi, kreatifitas, dan atensi seseorang.
Selain itu, sarapan atau makan pagi juga membantu dalam hal menurunkan berat badan loohh.. Percaya ga nih? Ada sebagian orang beranggapan bahwa sarapan adalah pantangan dalam usaha menurunkan berat badan. Bener ga sih? Ternyata anggapan ini adalah salah besar. Menurut banyak penelitian, salah satunya yang dilakukan Harvard Medical School, bahwa resiko menjadi obesitas menurun 3 kali lipat pada Anda yang teratur sarapan atau makan pagi dibanding mereka yang melewatkannya. Wow, ternyata ga malah bikin gemuk, tapi makan pagi bikin kurus loh..
Dan juga, manfaat ketika kita rutin makan pagi yaitu membantu untuk mencukupi zat gizi, dapat memelihara ketahanan tubuh, agar kita dapat beraktifitas atau belajat atau bekerja dengan baik, dan membantu memusatkan pikiran untuk belajar dan memudahkan penyerapan pelajaran.

Sedangkan akibat jika kita tidak rutin makan pagi, adalah: jika untuk anak sekolah, dia akan malas dan tidak dapat berpikir dengan baik. Badan akan terasa lemah, hal itu disebabkan kekurangan zat gizi yang diperlukan untuk tenaga. Untuk orang dewasa, performance kerja akan menurun. Tidak dapat melakukan aktifitas atau kegiatan atau pekerjaan di pagi hari dengan baik.

Nah setelah kita mengetahui pentingnya sarapan atau makan pagi, mari kita biasakan dan jadikan rutinitas pagi hari kita. Mulailah dari diri kita, keluarga. Semua manfaat-manfaat tersebut sangatlah penting untuk penunjang awal kehidupan pagi hari kita, sehingga memperoleh pencapaian rencana dan tujuan hidup kita pada hari itu.

Apakah pagi hari ini Anda sudah sarapan? Gw udah loh, hehe..
Jika belum, jangan lakukan hal ini lagi di setiap pagimu keesokan harinya!!
Semoga tulisan gw ini bermanfaat buat semuanya dan terutama buat gw sendiri. 


SELAMAT PAGI!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar